Senin, 16 Januari 2012

Perbedaan Thin Client dan Thick Client

Diposting oleh Unknown di 00.41

Thin Client dikenal dengan nama thin client-thick server , dimana client menjalankan fungsi hanya sebagai penyaji aplikasi dan data yang diakses dan dikelola server. Sehingga beban yang paling berat dirasakan oleh server.
Fat Client dikenal dengan nama thick client-thin server, pada arsitektur ini client bertugas tidak hanya sebagai penyaji interface, namun juga mengoperasikan aplikasi. Tugas server hanya mengelola data saja sehingga beban terbesar berada di client.
Dari keduanya penulis dapat menganalisa bahwa:
  1. Thin client lebih maksimal dan sesuai digunakan jika dalam jaringan tersebut jumlah clientnya sedikit atau skala jaringan yang kecil. Client akan merasakan akses yang cepat karena semua prosedur dan eksekusi dilakukan oleh server. Server juga tidak terlalu terbebani karena jumlah client yang dilayani masih bisa dijangkau. Tidak disarankan menggunakan arsitektur ini jika masih ada rencana pengembangan jaringan.
Jika dalam jaringan yang kecil kita menerapkan Fat client maka tidak akan efisien dalam arti berlebihan atau membuang-buang biaya. Performansi yang seharusnya ringan dan cepat malah dibuat berat pada client, dan server memiliki beban paling ringan dari semuanya.
  1. Fat client lebih maksimal jika dalam jaringan tersebut terdapat banyak client (jaringan besar) dan lalu lintas data (biasanya) selalu padat. Server tidak akan terlalu terbebani oleh request yang banyak dari client karena sesungguhnya server hanya mengelola data yang diminta oleh client.
Bayangkan jika Thin client digunakan dalam jaringan yang besar maka akan terjadi kemacetan dan delay yang sangat lama, dan berujung pada penurunan QoS.
Jadi, penerapan arsitektur client-server harus dibuat sesuai dengan kebutuhan dari jaringan itu sendiri agar terjadi keefisienan yang menguntungkan bagi semua pihak.

Referensi 
http://amelinda90.wordpress.com/page/2/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Si Manis dari Magelang Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting