Senin, 16 Januari 2012

Bagaimana Internet Bekerja?

Diposting oleh Unknown di 21.39

Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia di seluruh dunia.
Internet secara umum memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun bagaimana sebenarnya cara kerja jaringan Internet itu dalam hal mengirim dan mentransfer data dalam waktu yang singkat? Berikut adalah penjelasan sederhananya:

1. Client Server
Untuk terhubung dengan Internet website atau halaman web tertentu, terlebih dahulu harus terhubung ke sebuah server. Server adalah komputer yang mengirimkan data data dari dan ke dalam Internet. Pengguna Internet yang meminta informasi dari ser v er disebut client. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
 
2. Language

Untuk memahami data yang  ditransmisikan, diperlukan  suatu bahasa yang umum atau protokol. Kuncinya terletak pada data yang dimiliki protokol sama, yaitu  sekumpulan aturan komunikasi yang harus diikuti oleh setiap komputer untuk mengirim data secara elektronik.
Protokol yang memungkinkan semua komputer menggunakan data yang ditransmisikan melalui internet disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol atauTCP / I P. TCP/IP digunakan pada semua transaksi internet, mulai dari mengirim email sampai men-download gambar dari situs teman anda. Prinsip utamanya, TCP/IP menentukan bagaimana server memberi tanda bahwa ia telah selesai mengirim pesan dan bagaimana client memberi tanda bahwa ia telah selesai menerima pesan. TCP/IP membagi data dalam sebuah pesan dalam bentuk paket-paket: blok data dengan  panjang tertentu untuk transmisi. Dengan berbentuk paket, sebuah pesan terpecah menjadi beberapa bagian dan bagian-bagian tersebut di kirim dalam rute-rute berbeda menuju satu tempat tujuan. IP dipakai untuk mengirim paket melalui internet menuju tempat tujuan terakhir, sedangkan TCP digunakan untuk mengurutkan kembali paket-paket  yang telah diterima. Masing-masing paket tidak perlu memiliki rute yang sama untuk mencapai tempat tujuan akhir karena setiap paket memiliki alamat IP yang sama.

3. Lokasi
Agar komputer terhubung satu sama lain, dibutuhkan alamat sebagai nama dari komputer tersebut yang disebut Internet Protokol(IP) address. IP address tiap komputer berbeda dan bersifat unik. IP address ini akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana paket tersebut.

4. Bagaimana mendapatkan IP address?
Internet Service Provider (ISP) yang anda gunakan memiliki sejumlah IP. Setiap kali terhubung ke internet melalui ISP, maka ISP akan memberikan IP address dinamis atau statis baru untuk komputer, tergantung pada jenis koneksi yang dimiliki. IP dinamis akan berubah-ubah setiap kali online, sedangkan statis tidak. Ketika anda meminta data dari internet, maka sebenarnya data ditransmisikan ke alamat IP komputer anda. Dan saat anda memutuskan koneksi internet (disconnect), ISP mengambil kembali alamt IP yang telah anda gunakan lalu memberikannya ke pengguna yang lain.

5. Domain Name System
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.
DNS adalah hasil pengembangan dari metode pencarian host name terhadap IP address di Internet. Pada DNS client mengirimkan queries ke Name Server (DNS). Name Server akan menerima permintaan dan memetakan nama komputer ke IP address Domain Name Space adalah pengelompokan secara hirarki yang terbagi atas root-level domains, top-level domains, second-level domains, dan host names.

6. Web Browser
Agar client dapat melihat informasi yang dikirim server, dibutuhkan Web Browser. Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Web Browser seperti Internet Explorer, Firefox, Netscape, Opera menerjemahkan informasi yang dikirimserv er kepadacl i en t secara rapi dan mudah sehingga pengguna internet mendapat kepuasan melihat.

7. Web Server
Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Cara kerja web server :
Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.
Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan
data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas
sangan mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah  menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan menimbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

8. Selanjutnya bagaimana mendapatkan informasinya?
Alur agar informasi sampai pada kita digambarkan sebagai berikut :
ISP akan mengantarkan kita pada setiap web yang ingin kita tuju. Setiap web memiliki alamat IP tersendiri, bisa dibilang ISP adalah sebuah taksi yang akan mengantarkan kita kealamat yang ingin di tuju.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Si Manis dari Magelang Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting